Home » » Cara memperbaiki chanel siaran parabola indosiar & sctv

Cara memperbaiki chanel siaran parabola indosiar & sctv

Siaran indosiar dan sctv merupakan salah satu siaran yang banyak di vavoritkan oleh orang indonesia tetapi sangat disarankan siaran ini belakangan ini sering lemah chanel dan sering hilang apalagi di antena parabola yang sudah kurang bagus, atau antena parabola lama.

sebenarnya untuk lock siaran ini tergantung dari perangkat yang kita gunakan jika perangkat yang kita gunakan ini fungsinya masih normal dan tidak ada yang bermasalah misalnya pada antena parabolanya yang sudah tidak simetris maka saya rasa untuk lock siaran ini agak susah juga, jadi untuk lock yang benar-benar lock siaran ini harus di perhatikan yang perangkat pemancar siaranya dari mulai antena parabola, LNB, swetch diseqc, kabel antena, dan juga receiver usahakan semua dalam keadan normal. untuk mengetahui semua perangkat yang telah diseutkan tersebut normal atau tidak bisa lihat pada tautan berikut cara cek komponen alat parabola yang lemah/rusak jangan lupa ya di baca.


dan kalau bisa untuk lebih mudahnya menggunakan antena parabola yang besar misalnya 16 feet, karena semakin besar jaring-jaring parabola maka akan semakin besar juga sinyal yang di daptkan padatitik fokus parabola tersebut. tetapi mari kita coba  Cara memperbaiki chanel siaran parabola indosiar & sctv pada parabola anda.

NB : penting sekali karena admin juga sering mempraktekan jika antena parabola anda tidak simetris baik diameter lingkaranya dan juga bentuk lingkaran cekungannya, maka jika kita paksakan untuk memperbaiki sinyal chanel indosiar dan sctv sinyal-sinyal chanel lain akan ada yang hilang contohnya dari lNB 2 (telkom transtv) dan lain sebaginya untuk itu sangat saya sarankan sebelum melakukan tracking alangkah baiknya mengecek dulu antena parabolanya tentang permaslahantersebut. baik dari karat dan lumut juga harus di bersihkan bila perlu parabola anda khusus bagi yang menggunakan jenis plat almunium di chat lagi dengan warna yang cerah.

jikaanda sudah pahan mari kita lakukan tracking parabola cara lakukan tracking parabola adalah sebagai berikut :
  • perbaiki dulu antena parabola anda jika anda menggunakan parabola jenis jaring pastikan jaring tidak ada yang putus dan bergelembung karena pada beberapa kasus yang sering terjadi jaring yang bergelembung/berlumut dan berkarat sinyal akan turun menjadi  18-24 %, untuk siaran indosiar dan sctv jadi cara merepairnya antena parabola menggunakan jaring anda bisa mencucinya dan menyikatnya agar parabola bersih dari lumut, kemudian jika berkarat jaring parabolanya bersihkan karat menggunakan  amplas, kemudian chat dengan warna yang agak terang. jika jaring bergelembung maka perbaiki gelembung parabola tersebut dengan menggunakan benda tumpul dan ratakan agar sejajar dengan pangkuan jaring2 tersebut, intinya jangan sampai jaring bergelembung. kalau hal tersebut sudah dilakukan maka saya yakin sinyal parabola anda akan normal dan sctv dan indosiar akan sangat mudah di dapat kembali. begitupu jika anda menggunakan lingkaran parabola yang model plat almunium.
    .
  • keluarkan televisi dan receiver di dekat parabola agar anda lebih mudah untuk melihat perkembangan naik turunnya kualitas signal
    .
  • pastikan dulu frequensi dan simol rate siaran indosiar dan SCTV sudah benar  untuk sekarang update terbaru 2017

    INDOSIAR
    Satelite Palapa D (Lnb 1)
    frekuensinya 03835 dan simbol ratenya 7000
    Polaritas H (horizontal )
    Video PID : 1110
    Audio PID : 1211
    PCR Pid    : 1110

    SCTV
    Satelite Palapa D (Lnb 1)
    frekuensinya 03835 dan simbol ratenya 7000
    Polaritas H (horizontal )
    Video PID : 0036
    Audio PID : 0032
    PCR Pid    : 0036
    .
  • pastikan tiang yang digunakan untuk antena parabola terbuat kokoh jika dari kayu usahakan dari kayu yang besar misalnya kayu batang ukuran 10 :10 Cm.  tujuanya agar dalam proses tracking tidak menimbulkan getaran dan goyang, jika kayu penyangga antena denga kayu kecil otomatis akan terjadi getaran dan goyang yang menyebabkan susah sekali tracking, karena antena akan bergerak terus menerus
    .
  • longgarkan baut naik turun para bola serta baut yang berfungsi untuk mengancing putaran payung parabola, longgarkan jangan terlalu longgar intinya para bola bisa berputar sudah cukup.
    .
  • putar chanell siaran RCTI, kemudian naikan dulu dengan cara menurunkan atau menaikan payung parabola sambil melihat kualitas signal, cari hingga kualitas signal mencapai 48 % - 55 % karena dari beberapa kasus jika signal RCTI naik samapai angka yang saya maksud maka siaran Indosiar beserta SCTV akan normal.
    .
  • jika anda telah menurunkan dan menaikan parabola maka sinyal rcti tidak mampu 48 % - 55 % maka coba putar payung para bola ke utara atau keselatan dan perhatikan kualitas signal, putarnya sedikit demi sedikit ya,, karena pergeseran 1 mm akan sangat mempengaruhi kualitas signal.
    .
  • jika anda belum mendapatkan maka doyongkan turun, lepas LNB 1 (palapa) anda dan coba di naikan jika pertama anda memasang LNB di angka 40 maka cba di angka di bawah anka 40, dan test lagi pantau kualitas signal jika makin parah / menurun kualitas signal otomatis LNB minta di turunkan pasang diatas angka 40, jika antena parabola anda msih baik pasti akan ada perbedaan signal ketika anda menurunkan dan menaikan LNB anda.

    Baca juga : Mudahnya tracking siaran parabola lokal palapa dan telkom
  • jika msih belum mendapatkan juga signalnya coba anda gunakan kayu bantang untuk mencekal payung parabola baik kekiri kekanan belakang dan depan, kenapa terjadi demikian cekalan kayu biasa sering di gunakan pada lingkaran parabola yang tidak simetris baik dari bentuk bulat maupun cekungan payung tersebut. saya rasa jika anda melakukan trik ini dengan benar maka akan bisa mendapatkan siaran tersebut.
    .
  • ketika anda telah mendapatkan siaran chanel RCTI sampai kualitas signal 48% keatas maka cek chanel indosiar pasti siaran indosiar dan sctv sudah didapat. jika belum geserlah sedikit parabola tersebut atau naik turunkan parabola tersebut karena selisihnya pasti tida jauh.
    .
  • dan yang menjadi kesal dan pertanyaan lagi ketika anda telah mendapatkan siaran indosiar dan sctv siaran LNB dua (telkom ) anda hilang hahah lucukan. jadi satu rusak satu itulah kalau antena parabola anda sudah vakum. bagaimanacara mengatasi masalah tersebut ..?
    .
  • maka yang perlu anda lakukan adalah mengunci dulu semua baut yang telah anda longgarkan tersebut, terutama baut yang berfungsi untuk memutar para bola buka yang menaik turunkan parabola.
    .
  • kancing secara berlahan jangan sampai merubah kualitas signal siaran yang telah anda dapatkan, kemudian tandai posisi setingan akurat tersebut pada bagian baut kancing naik turun tersebut dengan spidol. tujuan untuk menandai adalah untuk memberikan tanda posisi pada setingn LNB satu (palapa) agar anda ketika melacak Lnb 2 (telkom tadi tidak kelupaan)
    .
  • kemudian setelah anda selesai menandai pindahkan chanel transtv karena chanel transtv merupakan chanel tersulit dan susah signalnya dari LNB 2 (telkom ), jadi kalau signal transtv sudah ada signal bisa di pastikan siaran LNB 2 (telkom) semua juga sudah ada signalnya.
    .
    baca juga : memperbaiki siaran MNCTV yang hilang gambar/gambar gelap.
    .
  • coba naikan dan turunkan payung parabola anda jika posisi payun turun sinyal transtv terbaca maka otomatis yang harus dirubah adalah posisi LNB 2 harus diturunkan dan agak dihadapakan keatas. dan jika posisi payung parabola dinaikan baru dapat signal trans tv maka LNB 2 anda harus di naikan dan agak menghadap kebawah karena logikanya jika lnb pemasanganya diturunkan kebawah maka lnb terebut akan menghadap keatas mengambil pada posisi atas, dan jika lnb tersebut di naikan pemasanganya maka lnb tersbut akan menghadap kebawah dang mengambil signal pada posisi bawah. jadi biar lebih jelasnya untuk pemasangan lnb menghadap bawah dan atas perhatika pada nomor anka  LNB yang terletak pda  tiang tabungnya, kebanyakan pada parabola yang normal pemasangan LNB pada angka 40,  maksud lnb dinaikan agar menghadap keatas pemasangan LNB harus diatas angka 40, misalnya 45, begitupun sebaliknya maksut lnb di turunkan berati pemasangan LNB di bawah angka 40 misalnya 37, jadi posisi lnb akan naik tapi lnb akan menghadap kebawah. saya kira cukup jelas
    .
  • jadi metode ini biasa terjadi pada antena parabola yang sudah lemah dan tidak simetris bentuknya untuk itu kita harus mengakali seperti ini, agar menutupi kekurangan payung yang sudah tidak simetris tesebut.
    .
  • ketika sudah sesuai maka kembalikan baut di tanda yang telah anda buat tadi maka setingan LNB 1 Palapa tidak akan berubah. dan selamat menyaksikan.
    .
  • jika cara revalansi LNB tadi tersebut tidak efektif maka cobalah cekal kayu pada bagian samping kanan dan kiri dan juga belakang, depan sampai berhasil tetapi untuk melakukan ini posisi antena parabola sudah di kancing semua secara kuat guna untuk mengembalikan posisi lingkaran parabola yang sudah tidak simetris.
    .
  • saya rasa cara tersebut sudah sangat baik untuk memperbaiki chanel siaran parabola indosiar & sctv dan jika masih belum berhasil juga berarti sudah waktunya parabola anda pensiun dan minta ganti yang baru lagi. anda juga bisa mencoba membaca tautan cara memperbaiki sinyal global tv yang lemah dan sering hilang  sebagai penambah metode pengalaman dan masukan dalam meperbaiki chanel siaran parabola indosiar & sctv
semoga postingan kali ini bisa bermanfaat bagi para pengunjung dan menambah pengethauan bagi kita semua jangan lupa tolong di share ya...makasih atas bantuannya.

0 komentar:

Post a Comment

Pengunjung yang budiman Admin tidak selalu Online jadi dalam berkomentar di mohon gunakanlah kata-kata yang baik dan tidak SPAM , dalam berkomentar juga di mohon untuk menyesuaikan dengan isi postingan yang di baca terimakasih atas partisipasinya.