Home » » Cara memperbaiki gitar yang nada suaranya fals

Cara memperbaiki gitar yang nada suaranya fals

Suara fals adalah suara yang tidak sesuai dengan nada, jadi gitar yang suara nadanya fals adalah gitar yang suara nadanya tidak sesuai not nada kunci yang telah di buat dan dipatenkan menjadi kunci nada. Mengapa bisa demikian...?

bernyanyi dengan menggunakan nada gitar yang false terasa kurang begitu enak, dan yang pasti terdengar tidak singkron dengan not lagu karena not nada tidak sesuai dengan nada lagu.untuk itu jika kita mempunyai gitar yang bunyinya false harus di perbaiki dulu ya...! walaupun tidak 100% tetapi 99 % kesingkronan nada gitar itu mendekati kesempurnaan tangga nada, lebih baik dari pada false.

Banyak sekali sekarang  toko seni yang menjual gitar dengan sangat  murah bahkan untuk harga sebuah gitar pun bisa di bawah  rp 100.000 dengan kualitas gitar yang  baru, tetapi gitar yang seperti itu tidak bisa memberi jaminan bagi pengguna untuk mendapatkan hasil nada yang bagus sesuai kunci nada. Karena kebanyakan gitar yang di bandrol harga sangat murah kualitasnya juga kurang memuaskan, karena terbuat juga dari bahan yang kurang baik  untuk itu sebelum kita bahas cara memperbaikinya terlebih dahulu kita kenali ciri-ciri gitar yang suara nadanya fals. 



Dihat dari segi fisik sudah kelihatan biasanya gitar yang memiliki nada fals gitar itu memiliki ciri-ciri sebagai berikut : 
  • gitarnya sangat ringan, 
  • tankai stang grip gitar gitarnya tipis tidak kokoh, 
  • bentuk sisi bodinya tidak diklaim dengan karet atau sejenisnya sehingga memudahkan lem cepat terlepas jika terkena benturan.
  • body gitar juga tidak tahan oleh tarikan senaran gitar jika penyetelan senar gitar secara kuat dan terai maka gitar akan sedikit melengkung
  • grip tidak terpasang dengan rapi terkadang posisinya miring  sehingga membuat senar gitar bersentuhan dengan grip yang lain.
  • kolom grip gitar tidak sesuai dan terkadang miring  sehingga menyebakan nada tidak bisa akurat sesuai kunci gitar
  • jarak senar gitar ke kolom grip telalu dekat atau juga terlalu jauh sehingga menyebabkan kurang enak di petik.
  • dilihat dari belakang gitar posisi gitar melengkung,
ditinjau dari sistem pengaplikasian  biasanya gitar yang memiliki nada fals gitar itu memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
  • Bagi pengguna yang biasa Stem/ menyetting setelan kunci nada maka akan sangat susah sekali di tepatkan, gitar tersebut akan terasa sulit di setel maksimal karena nadanya terdengar Fals.
  • susah sekali untuk digunakan menyanyi dan terdengar tidak bisa bersatu dengan nada suara penyanyinya
  • terasa setelan gitar berubah rubah  di karenakan nada yang terkadang pas dan terkadang tidak padahal setelan tali gitar tidak berubah.
jika gitar yang anda miliki mempunyai ciri ciri diatas, maka nada gitar tersebut akan mengeluarkan  nada suara yang false tidak sesuai dengan nada, sehingga tidak enak sekali di dengar dan dipetik untuk menyanyikan sebuah lagu. serta tidak akan pernah bisa sincron jika berpadu dengan gitar lainya jika dimainkan secara bersamaan.

gitar yang berbunyi false tidak akan bisa di perbaiki 100%, karena jika ingin memperbaiki  100% maka anda harus mengganti komponen-komponenya yang telah rusak. dan itu, sama saja kita menggantikannya dengan yang baru. tetapi gitar tersebut bisa diperbaiki dan di maksimalkan nadanya 80% - 99%, agar lebih sincron nadanya tidak terlalu terdengar fals. jadi akan lebih enak jika di mainkan dan di dengar. langkah-langkah yang harus di lakukan untuk memperbaiki gitar yang nada suaranya fals adalah sebagai berikut :
  • ganti senar anda dengan senar yang berkualitas, biarpun gitarnya murahan tapi coba cari tali senar gitar yang berkualitas dan bagus. pasti akan menimbulkan suara yang bagus pula dari pada anda mengguanakan tali senar gitar yang murahan
    .
  • Stem harus pas dalam hal ini dalam proses penyetelan/Stem nada gitar jangan terlalu rendah/bas, dan jangan terlalu cempreng, sekiranya suara gitar terdengar nyaman dan indah  disitulah stem stelan tangga nada yang pas untuk gitar tersebut.
    .
  • perhatikan grip gitar (FRET) jika grip gitar naik turun atau ada yang terkikis karena telah lama digunakan maka usahakan ratakan dengan cara mengganti fret /grip yang baru. agar fret /grip  sejajar dengan baik seperti barunya, hal ini bertujuan agar ketika kita memetik gita maka tali gitar tidak bersentuhan dengan teman grip-grip lainya ketika senar di petik tangan untuk memainkan kunci -kunci nada. karena hal ini akan berakibat pada bunyi nada yang cempreng. dan tidak enak di dengar
    .
  • jika anda mempunyai keterampilan bertukang kayu maka perhatikan kolom grip yang miring, jika ada  maka rubahlah kolom grip tersebut, agar tidak miring dan siku/ sejajar sesuai aturan kolom grip. agar tangga nada dari petikan senar berbunyi sesuai mestinya. kemudian bekas atau kikisan dari bisa anda tambal dengan lem/dempul agar rata kembali.
    .
  • stang gitar (Neck guitar) perhatikan pada bagian stang gitar bisa juga di karenakan stang gitar yang bengkok sehingga mempengaruhi bunyi nada gitar tesebut cara mengeceknya stang gitar bengkok atau tidak adalah dengan cara menekan senar nomor 6 fret 1 dan tekan fret 15 secara bersamaan dan lihat jika ada jarak disemua senar yang nomor 6 dari fret 2 sampai fret 14 berarti neck gitar kalian bengkok cekung, tapi jika pada fret 7, 8, 9 menempel dengan fret sedangkan yang lainya tidak berarti neck gitar kalian bengkok cembung, jika tidak ada jarak antara fret dan senar berarti stang gitar kalian lurus, Tapi bagusnya memang ada jarak antara senar dan fret  tapi tidak terlalu lebar.  cara memperbaiki stang gitar yang bengkok adalah memutar besi yang ada didalam stang/neck dengan kunci L. Besi yang berada di dalam neck gitar disebut Truss Rod. Jika neck/stang gitar kalian bengkoknya cekung maka hal yang harus dilakukan adalah memutar truss rod dengan kunci L ke arah kanan (searah jarum jam)
     Jika bengkoknya  cembung maka putarlah Truss rod ke kiri (berlawanan arah jarum jam)
    .
  • bodi gitar perhatikan jika anda sedang memainkan gitar, maka coba petik gitar dan tekan gitar anda dengan cara, tangan satu memegang posisi ujung gitar pada bagian kolom grip pertama dan satu memegang bodi gitar tekanlah ke dalam. jika bahan kayu gitar terbuat dari bahan yang kurang bagus akan menghasilkan nada yang goyang, biasanya jika kita petik lalu kita tekan maka nada gitar tersebut akan menjadi tinggi karena body gitar nya kita tekan. maka langkah untuk meminimalisir masalah tersebut adalah dengan cara anda melakban gitar anda dengan lakban hitam kenko/sejenisnya yang mempunyai perekat kuat, kemudian lakbanlah dari sisi depan dan tarik kesisi belakang, lakukan sampai satu body gitar utuh sehingga terlihat semua sisi pinggir terbungkus dengan lakban baik pada sisi depan dan belakang.
    .
  • Periksa apakah komponen kayu penyangga triplek body gitar yang terletak bagian dalam ada yang terlepas jika iya maka lem kembali sesuai kedudukannya.
    .
  • kemudian periksalah dengan menghadapkan bagain belakang tabung gitar ke sinar matahari dan periksa tabung gitar akustik apakah ada yang berlubang/ dimasuki sinar matahari jika iya maka tambalah menggunakan lem. dan kapas. agar rapat kembali, terus jangan lupa pinggir-pinggir gitar juga harus benar2 rapat lem2nya jangan sampai ada yang berlubang sedikitpun.
    .
  • yang terakhir ambil kain panggal dan basahi minyak kayu putih kemudian masukan kedalam lubang body gitar dan gosok bagian dalam body gitar tersebut dengan kain tersebut yang telah dibasahi minyak kayu putih secara merata dan keringkan. dan selamat gitar anda sudah beres pasti anda akan merasakan perbedaanya.
Mungkin sekian saja yang bisa saya posting kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua terima kasih telah berkunjug di blog yang sederhana ini jangan lupa di share ya jika dirasa bermanfaat  atas partisipasinya anda.

0 komentar:

Post a Comment

Pengunjung yang budiman Admin tidak selalu Online jadi dalam berkomentar di mohon gunakanlah kata-kata yang baik dan tidak SPAM , dalam berkomentar juga di mohon untuk menyesuaikan dengan isi postingan yang di baca terimakasih atas partisipasinya.