Home » » cara memperbaiki Sinyal channel parabola yang hilang/lemah

cara memperbaiki Sinyal channel parabola yang hilang/lemah

jumpa lagi para pengunjung computer informatika kali ini kita akan membahas cara memperbaiki Sinyal channel parabola yang hilang. pasti para pengunjung sering mengalami gangguan chanel siaran jika anda menggunaka parabola untuk menonton siaran televisi dirumah anda,.

gangguan channel  siaran parabola bahkan hilang siaran biasa sering terjadi pada pengguna parabola, apalagi jika parabola yang kita gunakan sudah sedikit lama atau mendekati pensiun, gangguan siaran chanel akan lebih rentan terjadi.  antena parabola yang sudah lama juga bisa mempengaruhi chanel siaran parabola tersebut. untuk itu pada postingan kali ini admin blog akan membahas berbagai trik yang mungkin bisa membantu menyelesaikan permasalahan Sinyal channel parabola yang hilang/lemah.

Baca juga : Cara memperbaiki chanel siaran parabola indosiar & sctv yang lemah signal

kenapa signal parabola sering lemah ,dan bahkan pada kasus yang terparah adalah hilang ...? sebenarnya hal tersebut bisa di karenakan oleh berbagai macam faktor, bisa dari componen-componen alat parabola, dan juga mungkin karena berpindahnya trans frequensi dan simbol rate siaran, karena faktor alam misalnya payung antena bergeser karena terpaan angin, bisa juga karena faktor usia parabola yang telah tua dan banyak componennya yang harus di perbaharui.

pada postingan yang sebelumnya admin blog computer informatika juga  telah membahas seputaran parabola yang berjudul memperbaiki siaran MNCTV yang hilang gambar/gambar gelap bagi para pengunjung yang berminat dengan postingannya silahkan langsung disimak ya, kembali lagi pada topik utama, tidak perlu berpanjang lebar yang ingin mencoba memperbaiki sinyal parabola yang lemah atau hilang maka dapat disimak pada tautan berikut ini :



langkah -langkah  memperbaiki Sinyal channel parabola yang hilang/lemah yang pertama adalah kita mengecek componen-componen alat parabola yang digunakan, maksutnya alat yang di gunakan untuk menghubungkan dari antena parabola sampai ketelevisi, masih baikfungsinya atau tidak untuk lebih jelasnya perhatikan langkah-langkahnya sebagai berikut :
  • cek mungkin terjadi gangguan pada kabel antena parabola yang menghubungkan parabola kereceiver anda bisa mengetes menggunakan kabel lain untuk mengecek bahwa kabel antena sinyal tidak putus / lemah dan jika putus bagian dalam /sudah melemah kabel tersebut   anda bisa memotongnya bagian yang putus dan atau menggantikannya dengan kabel yang baru.
    ..
  • cek mungkin terjadi gangguan pada receiver, gangguan pada receiver biasa ditandai dengan munculnya berbagai channel lain sementara channel lain tidak mau muncul gambar, dan juga terkadang receiver telah menerima sinyal tinggi tetapi tidak mampu untuk memunculkan gambar. yang biasa sering terjadi ciri-ciri gangguan pada receiver adalah receiver tidak mampu menangkap signal siaran dari parabola dengan kualitas yang tinggi dan itu merata di setiap chanel siaran  misalnya hanya mampu menangkap siaran 25 % - 40 %. coba anda meminjam receiver dari tetangga anda kemudian bandingkan penangkapan signal dengan receiver anda jika penangkapan signal  di receiver anda lebih jelek berarti receiver anda mulai melemah. solusinya  coba bunuh receiver dan hidupkan kembali atau anda bisa menghapus semua program dan scan kembali. bila belum terlalu parah kerusakannya mungkin bisa mengatasi masalah ini, jika tidak bisa lagi maka mau gaka mau harus beli yang baru.
    .
    Baca Juga : cara memperbaiki sinyal global tv yang lemah dan sering hilang
  • cek mungkin terjadi kerusakan pada switch diseq parabola. jika anda menggunakan 2 LMB pada antena parabola,  misalnya palapa dan telkom. bisa juga mungkin terjadi kerusakan pada switch diseqc, atau switch mati. jika hal itu terjadi maka ganti saja switch  yang mati tersebut, pasti akan normal kembali siaran chanelnya, tanda-tanda kerusakan switch yang mengalami kerusakan parah, kita beri contoh switch penghubung untuk LMB 1 telah mati maka semua siaran LMB satu tidak mendapat sinyal begitupun sebaliknya jika switch LMB 2 yang mati maka siaran untuk LMB 2 tidak mendapat sinyal keseluruhan kalau semua switch untuk LNB 1 dan LNB 2  rusak atau mati maka semua channel tidak akan muncul sinyal
    .
  • kerusakan pada lingkaran parabola, jika anda menggunakan parabola jenis jaring pastikan tidak ada jaring yang rusak atau putus jika memang ada rusak /putus coba di perbaiki, jika anda menggunakan abtena parabola berjenis jenis plat almunium  pastikan kotoran, karat, di bersihkan agar parabola menangkap sinyal dengan optimal, ini yang penting harus di perhatikan pastikan tidak ada benjol /kerusakan pada lingkaran payung antena parabola, dan pastika juga bentuk parabola masih simetris bulat buka berbentuk lain, karena hal tersebut sangat mempengaruhi dalam meningkatkan kualitas signal parabola. solusinya jika terjadi hal tersebut anda harus memperbaikinya agar tidak terjadi benjol pada lingkaran dan juga anda harus membulatkan lingkaran supaya simetris kembali lingkarannya jika parabola anda berkarat maka anda bisa mengecatnya kembali. agar baik saya sarankan menggunakan chat yang berwarna tidak terlalu cerah dan juga tidak warna hitam. untuk lebih jelasnya tentang cek componen-componen parabola bisa langsung baca pada tautan berikut cara cek komponen alat parabola yang lemah/rusak..
    ..
  • cek mungkin terjadi  kerusakan pada LNB : LNB berfungsi untuk menangkap sinyal dari titik fokus antena parabola jadi fungsi dan peranan LNB sangatlah penting jika LNB  baik telkom/palapa -D rusak /lemah dalam penangkapan signal siaran maka otomatis sinyal siaran juga akan menjadi melemah dan  jika langkah diatas semua sudah anda coba dan lakukan dan masih belum mendapatkan siaran berarti LNB anda yang tidak aktif/rusak maka gantilah dengan yang baru.
langkah selanjutnya adalah cara pengaplikasian pemasangan parabola dan faktor lingkungan yang harus perlu di perhatikan terkait masalah lemahnya sinyal siaran parabola. setelah anda selesai melakuakan pengecekan pada componen alat  parabola mari kita coba kenali faktor lingkungan yang biasa membuat chanel siaran tiba-tiba hilang/melemah

  • antena para bola munkin goyang karena angin dan jika memang masalah ini, yang terjadi maka perbaiki kedudukan parabola yang benar agar pemancar  dapat menerima sinyal dengan tepat, geserlah seidikit-demi sedikit keatas,bawah/samping kiri kanan untuk memperbaiki antena parabola
    .
  • pindahkan areal pemasangan antena para bola anda, bisa jadi antena para bola anda tertutup oleh posisi rumah, mungkin ataupun pepohonan besar yang ada di sampingnya, jadi jika anda ingin memasang antena parabola usahakan antena parabola anda bebas tidak ada yang menghalangi kanan kirinya karena itu juga bisa mempengaruhi.
    .
  • periksa baut-baut parabola yang bisa menyebakan parabola tidak bekerja dengan maksimal karena ada baut yang longgar dan lain sebagainya. yang menyebabkan posisi parabola bisa berubah-rubah dengan mudah
    .
  • dalam pemasangan parabola yang perlu diperhatikan adalah pemasangan LNB parabola, posisi pasang LNB ingat untuk palapa LNB 1 menghadap barat dan telkom menghadap timur ada yang sedikit melenceng keselatan. tergantung posisi parabola intinya LNB Telkom ngikut dari LNB palapa. penting untuk memasang LNB semakin besar parabola yang di gunakan maka semakin jauh juga jarak antara LNB palapa dan telkom misalnya contoh untuk para bola ukuran 8 feet jaraknya (2.4 cm ) atau biasa di ukur jari 4 jari, dan juga pasangan standarnya 34-42, jadi biasa di pasang pada angka 40 saja pada umumnya. jadi angka tersebut biasa terletak pada lubang bracket di LNB. dan posisikan angka 0 derajat antara lnb palapa dan telkom saling sejajar lurus.

    Baca Juga  Info Terbaru Trans Frequensi dan Simbol Rate chanel Siaran Program televisi
terimakasih telah berkunjung di blog yang sederhana ini, dan semoga berguna dan menambah pengetahuan buat kita semua amin, jangan lupa ya dishare artikelnya kalau dirasa bermanfaat, karena partisipasi dalam share artikel yang anda lakukan sangat membantu kami sekali.  kami ucapkan sekali lagi beribu-ribu ucapan terimaksih atas partisipasinya bagi yang telah share artikel kami di akun media sosial pengunjung yang budiman.


9 komentar:

  1. thenk.
    mampir juga di http://dikejar.com/

    ReplyDelete
  2. Nie saya dari,
    Akangptr2.com
    yg ingin saya tayakan, fequensi LNB nya sudah pas tapi sinyal nya hanya naik 4 sampai 5, di Palapa D,
    tolong saran nya,maksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba tracking para bolanya putar sampai mendapat sinyal. dan pastikan posisinya benar. jika tidak muncul sinyal kemungkinan suit lnbnya mati gan atau lemah.

      Delete
  3. Makasih atas ilmunya mas jadi cenel saya gak hilang lagi .

    ReplyDelete
  4. Haha siip gan tutorialnya manjurr..buat anee thanks gan

    ReplyDelete
  5. Enter your comment...gan apa receiver bisa pake antena biasa

    ReplyDelete
  6. Gan semua channel d TV gua gk ada signal kecuali MNC Chanel, dan RTV, merk receiver GOLDSAT, jenis parabola (Parabola Jaring), dan ketika hujan deras semua chanel d TV gua dapat semua. Tolong gan solusinya!...

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba periksa kedudukan disk parabola agan dirumah. coba tracking kembali gan. munking disk jaring anda sudah lemah atau banyak yang benjol dan bolong. atau simetrik diameter linkarang sudah tidak diagonal lagi. untuk itu langkah pertama agan pastikan parameter simbol dan frequensi siaran benar terlebih dahu. kemudian coba tracking disk parabola kekanan dan kekiri. jika belum berhasil coba perbaiki disk parabola yang benjol diratakan bila perlu cuci jaring parabola supaya bersih kemudian pasang kembali. InsyaAllah berhasil gan.

      Delete

Pengunjung yang budiman Admin tidak selalu Online jadi dalam berkomentar di mohon gunakanlah kata-kata yang baik dan tidak SPAM , dalam berkomentar juga di mohon untuk menyesuaikan dengan isi postingan yang di baca terimakasih atas partisipasinya.