Home » » 13 cara jitu merawat print agar awet dan tahan lama

13 cara jitu merawat print agar awet dan tahan lama


hasi sobat pengunjung Artikel s-l terimaksih telah berkunjung di blog yang sederhana ini kali ini saya akan share tentang 13 cara jitu merawat print agar awet dan tahan lama jika sobat memiliki print dirumah dan masih kurang tahu bagaimana cara merawat print agar tahan lama ikuti tips berikut ini semoga bermanfaat buat sobat semua :
  1. Gunakanlah printer sesering mungkin, jangan sampai 1 minggu nganggur
    Meskipun Anda hanya mencetak satu dua lembar saja, usahakan agar dalam 1 minggu printer inkjet Anda gunakan dan tidak nganggur. Printer inkjet yang terlalu lama tidak digunakan akan menyebabkan tinta di head cartridge kering, sehingga menyumbat tinta. Hal ini akan menyulitkan Anda untuk mencetak dokumen.

  2. Manfaatkan Fitur Clean Head Pada Software Bawaan Printer
    Software bawaan printer inkjet biasanya memiliki fitur clean head. Lakukan clean head secara berkala untuk tetap menjaga keluaran tinta dari head cartridge Anda dengan lancar.
     
  3. Jaga kebersihan printer
    Ada pengalaman menarik saat saya membongkar printer teman saya yang tidak bisa melakukan pencetakan dokumen. Ternyata di dalam printer telah kemasukan sisir istrinya hehe saya tidak tahu darimana hal itu berasal, yang pasti sisir tersebut jatuh dan masuk tertelan printer. Maka, jagalah printer Anda dari benda-benda asing, termasuk debu. Bersihkan secara berkala.
  4. Matikan Printer menggunakan tombol power
    Kebiasaan mematikan printer yang buruk adalah dengan mancabut langsung kabel power listrik printer dari stop kontak. Dengan mematikan printer menggunakan tombol power berfungsi untuk mengembalikan posisi cartridge ke tempat seharusnya, sehingga head printer tidak mudah kering.
     
  5. Pastikan kertas cetak tidak kusut dan sesuai
    Hindari penggunaan tinta yang terlipat atau kusut. Kertas yang terlalu tebal pun sangat tidak disarankan untuk digunakan.
     
  6. Jangan menyentuh chip cartridge menggunakan tangan
    Listrik statis dapat berpindah dari tangan Anda secara langsung ke chip cartridge yang selanjutnya akan mengganggu komponen tersebut.
     
  7. Jaga kualitas tinta refill
    Gunakanlah tinta refill yang direkomendasikan agar keawetan cartridge terjaga. Tinta refill yang berkualitas buruk kadang terlalu encer dan kualitas cetakannya tidak memuaskan.
     
  8. Segera isi ulang tinta jangan sampai kehabisan
    Tinta di dalam cartridge printer yang kosong akan menyebabkan head printer kering sehingga lubang-lubang kapilernya tersumbat, jadi jangan menunggu sampai tinta habis, Segera isi tinta kembali saat sudah ada indikasi tinta low ink.
     
  9. Perhatikan kondisi wastepad printer anda,
    Gantilah  wastepad atau gunakan pembuangan luar sehingga tinta tidak akan meluber ke dalam printer
     
  10. Jangan sembarangan membongkar casing printer
    Sebelum Anda benar-benar ahli jangan pernah mencoba membongkar printer Anda sendiri karena jangan sampai Anda menjadi ahli bongkar saja :-)
     
  11. Tempatkan printer jauh dari benda-benda cair
    Anda suka ngopi? Pastikan jangan menaruh kopi disamping printer Anda. Terkadang musibah datang dengan tidak sengaja. So, sedia payung sebelum hujan, berhati-hatilah :-)
  12. jangan sering membuka ketrid
    dalam perawatan printer jangan sering membuka katrid printer jika tidak di perlukan lebih bagus sekali kalau sobat bisa mengisi tinta tampa melepas katrid.

  13. jangan mengisi tinta di katrid terlalu full yang menyebabkan banjir
    mengisi tinta terlalu banyak dan full sangat disayangkan karena akan membuang tinta dan akan menyebabkan kerja katrid tidak baik dan katridpun akan cepat rusak, cobalah mengisi tinta dengan ukuran 1,5 - 2 cc saja. pada katrid
selamat mencoba sobat semua jangan lupa sering berkunjung kesini ya terimakasih.
NB :
Adapun pembahasan lebih lengkap dan jelasanya terkait artikel di atas silakan cek KLIK DISINI


0 komentar:

Post a Comment

Pengunjung yang budiman Admin tidak selalu Online jadi dalam berkomentar di mohon gunakanlah kata-kata yang baik dan tidak SPAM , dalam berkomentar juga di mohon untuk menyesuaikan dengan isi postingan yang di baca terimakasih atas partisipasinya.